Jumat, 08 Mei 2015

How To Create Augmented Reality in Unity3d and Vuforia.sdk

Hai,.,.
Selamat datang Bro,Gan,Sis,Cuy,Nyooh,.,. Siapapun lho, yang pasti nyari" tutorial bikin AR khaaan???? "ngucap khaaan-nya ala Syahrini" :D
Akhirnya bisa juga corat-coret disini., Udah lama banget gue pengen bikin tutorial AR dari awal ampe jadi dengan Pitur-piturnya juga, "yaelah pake P"...
Gk usah basa-basi lagi yee,, tar lu pada cepet tutup tab blog ini,. Oke Capcuuus Ciiinnn,. :D

Sebenernya sii ada beberapa hal yang harus di persiapkan dalam membuat AR pake Unity + Vuforia yang gk usah gw sebutin satu-satu. Ya, kayak Softwarenya Unity3D, Vuforiasdk, AndroidSDK, sama Java Bundlle juga,. "lah itu lho sebutin?!" oh iya ya, lupa gw lu pada kan udah tau yaa,..

Oke Masuk ke Reff... "yaelah lagu kali".,.
Bikin database Marker oke, "katakanlah lu uda punya akun vuforiadeveloper.
Masuk ke web DeveloperVuforia di https://developer.vuforia.com/

abis itu lo bisa masuk ke Tab Develop, nah langsung open kan tuh LicenseManager,.
Disitu lu Klik AddLicense, Ketik deh Nama databasenya dengan nama "TutorialARKeyVisio".
Gk usah banyak nanya kenapa harus TutorialARKeyVisio??? ini blog gw jadi terserah gw. :D

trus tinggal klik "Next" dan isi checkbox agreementnya dan klik Confirm
Udah direct lagi ke LicenseManager, cari nama database yang udah dimasukan tadi. dan Klik.
udah di Klik tar lu nemu ada nomor "LicenseKey" apa itu LicenseKey? LicenseKey itu yang lu butuhin buat aktifin marker lu nanti di Editor Unitynya.
Oke save dulu bro LicenseKeynya.
lalu masuk ke TargetManager, kalo udah Klik "AddDataBase"
Isikan Nama databasenya cuy,. End "Create"
Pilih Nama Database yang udah diisikan,.

Pilih AddDatabase

Waktunya mengisi form database,.

Isi yang hati" ya,,. buletin dulu pake pensil... "Lu kata UN Dicky???" hehe
             Pilih dulu type markernya,. kalo kali ini kita pake SingleImage,. Untuk yang Cloud,Cylinder & 3D Object ntar ane tulis khusus,. Okaaaay....

1.Isi File dengan Gambar/Image yang mau dijadikan Marker.
2.Ukuran "Width" isi aja "1600" biar gede
3.Name isi dengan Nama Marker terserah aja, tanpa spasiya nama Markernya.
4. Add
5. Pilih yang ".unitypackage" yaaa
Pastikan Marker yang di Upload mendapat Bintang 5 kalo nggak 4 atau 3 lah,..
Selanjutnya Donwload datasetnya dan Jenjreeeeeeeeeng sekarang lu punya 1 dataset unitypackage.

Oke segini dulu yaaa,. walau pun ane tau nt lagi enak"nya baca..
"Jiaaaaaaah GR gw",.

Lanjut to Part2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar